Skip to main content

BELZONE 3025 OIL SPILL DISPERSANT (OSD) (PENDISPERSI MINYAK)


BELZONE 3025

OIL SPILL DISPERSANT (OSD)

(PENDISPERSI MINYAK)


KETERANGAN

BELZONE 3025 OSD adalah pendispersi minyak yang mengandung surfactant dengan kadar racun yang sangat rendah dan pelarut.

KEGUNAAN

Pembersihan terhadap tumpahan minyak termasuk minyak mentah, kerosene, gas-oil, minyak yang tumpah di pabrik, atau pelabuhan, saluran air, di laut atau di  pengeboran lepas pantai.

KELEBIHANNYA

·         BELZONE 3025 OSD merubah cairan hydrocarbon menjadi emulsi. Perubahan menjadi partikel-partikel yang sangat kecil menimbulkan efek-efek : untuk akselerasi degradasi lebih lanjut oleh marine bacteria, untuk mengeliminasi efek pelapisan yang mempengaruhi perubahan medium physicochemical antara atmosfir dan marine.
·         Dapat diterima oleh lingkungan hidup, BELZONE 3025 OSD mengandung surfactant yang sifatnya biodegradable.

PETUNJUK PEMAKAIAN

Polusi di pabrik
·         Lapisan minyak yang tercampur dengan air bila langsung dibuang ke sungai dapat mencemari sungai.
Jika lapisan minyak cukup tebal dipisahkan terlebih dahulu sebelum didispersi
·         Tambahkan BELZONE 3025 OSD ke atas lapisan minyak tunggu selama 30 s/d 60 menit dan aduk.
·         Jika lapisan minyak masih ada tambahkan BELZONE 3025 OSD ulangi seperlunya.

Polusi di pelabuhan
·         Sebelum menggunakan BELZONE 3025 OSD dianjurkan untuk mengelilingi tumpahan dengan oil boom, jika lapisan minyak cukup tebal untuk di skim atau soak menggunakan oil absorbent powder.
·         Siramkan BELZONE 3025 OSD ke tumpahan minyak, dengan hand spray gun, jika tumpahan tidak terlalu besar, atau dengan oil spraying boom yang disambungkan pada air dari polution control vessels, yakinkan produk dapat menyebar ke seluruh permukaan tumpahan minyak sebelum gelombang dari mesin kapal menutupinya dengan air.
·         Tunggu selama 30 sampai 60 menit agar minyak dapat menyerap produk, kemudian aduk campuran minyak dan dispersant dengan menggunakan firehouse atau peralatan lain untuk agitasi.
·         Tumpahan minyak di dinding dock dapat dihilangkan dengan BELZONE 3025 OSD, yaitu : semprotkan produk langsung dan biarkan selama 30 menit, lalu minyak dapat dihilangkan dengan menggunakan fire house. Jika lapisan minyak masih ada, ulangi seperlunya.

Polusi di Laut dan di Offshore Drilling Platforms
Metode aplikasi yang digunakan sama dengan diatas.
·         Kelilingi tumpahan minyak dengan oil boom. Dapat dilakukan dengan tiga cara yang berbeda :
-          ditarik oleh dua outboard vessel,
-          mencegat oil spill yang terbawa arah arus
-          tambatkan kedua ujung pada dua buoys. Teknik ini paling sering digunakan di offshore platforms.
·         Pompa atau skim off tumpahan minyak.

DOSIS PRODUK

·         Light hydro carbon ( light crude oil, kerosene, gas-oil). 100 liter BELZONE 3025 OSD per 1.000 liter hydrocarbon ringan.
·         Intermediate crude oil : 150 liter  OSD 3025 per 1.000 liter crude oil.
·         Heavy hydrocarbon (oxidized crude oil, residual fuels oil 1 : 200 liter OSD 3025 per 1.000 liter heavy hydrocarbon).

KEAMANAN DAN PENANGANAN

Jika terjadi kontak dengan kulit atau terciprat ke mata, cuci dengan air hingga bersih.


KARAKTERISTIK PRODUK

Bentuk dan warna        : Cairan berwarna kecokelatan .
Specific gravity            : 0.80 ± 0.85 pada 20° C PMCC ( IP 34 – 67 atau ASTM D93-66 )
Korosivitas                  :  Tidak ada pada material biasa.


KEMASAN

Dikemas :
Pail  : 20 liter 
Drum : 200 liter.





Comments

Popular posts from this blog

• BOILER REPAIR •CLEANING • WATER/WASTE TREATMENT • ( PT. BELZONE UTAMA Makassar)

BELZONE UTAMA merupakan perusahaan di bidang supplier barang umum, jasa cleaning , repair boiler ( pesawat uap ) dan barang keagenan CHEMICALS merk BELZONE yang berkembang di kota makassar. Adapun barang keagenan yang kita tawarkan adalah sebagai berikut :  SPECIALITY : • WATER TREATMENT • CHEMICALS CLEANING BOILER, DIESEL, AC. CENTRAL, ETC • BOILER SERVICE & REPAIR – INSTALATION - MODIFIKASI menyediakan pelayanan jasa pelaksanaan pekerjaan CHEMICAL CLEANING, Repair dan Supply Chemical sebagai berikut : 1.Jasa Kontrak Servise Meliputi : •Penyediaan Chemical sesuai kebutuhan aplikasi Chemical Cleaning unit Heat Exchanger dan Boiler. •Penyediaan peralatan untuk pekerjaan proses Chemical Cleaning dan Repair & Cleaning Boiler. •Penyediaan personil / tenaga pelaksana kerja Chemical Cleaning dan Repair & Cleaning Boiler. •jasa penggantian pipa air dan api pada Boiler. 2.Supply Chemical •CV. SAKTI MANDIRI menyanggupi penyediaan bahan kimia yang dip

Pesawat uap dan Bejana Tekan

K3 Pesawat Uap dan Bejana Tekan -  Keselamatan kerja pada saat bekerja merupakan hal utama yang harus diterapkan pada saat bekerja. Hal ini bertujuan untuk menjamin para pekerjanya supaya lebih  Safety  pada saat melakukan aktifitas pekerjaan. Selain itu Kesehatan pada saat bekerja juga menjadi pertimbangan akan terwujudnya keselamatan pada saat bekerja. Dari ke-dua hal tersebut ( Keselamatan dan Kesehatan ) merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan pada saat melakukan suatu pekerjaan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa saja pengertian dari K3 pesawat uap dan bejana tekan. Kemudian contoh dari bejana tekan tersebut, Ciri-cirinya hingga cara menanggulangi penerapan K3 Pesawat Uap dan Bejana Tekan. Pengertian Pesawat Uap dan Bejana Tekan Pesawat Uap  atau biasa disebut dengan ketel uap merupakan suatu pesawat yang dibuat untuk mengubah air didalannya, sebagian menjadi uap dengan jalan pemanasan menggunakan pembakaran dari bahan bakar. Untuk ketel uap sendiri